6 Faktor Utama Penyebab Mata Minus

6 Faktor Utama Penyebab Mata Minus

Mata minus menjadi salah satu gangguan yang dapat dikeluhkan oleh siapa saja, sebab memang penyakit tersebut menyerang secara universal, tak memandang usia sehingga anak-anak pun dapat mengalaminya.

6 Faktor Utama Penyebab Mata Minus

Mata minus memang tidak seberbahaya mata katarak bahkan kanker, tapi tetap saja mata minus bisa membuat sebagian orang merasa tak nyaman karena harus selalu memakai alat bantu seperti kacamata atau kini ada lensa kontak.

Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Telat Datang Bulan Pada Wanita

Tahukah Anda apa yang menyebabkan mata minus? Simak di bawah inbi beberapa penyebab mata minus yang harus Anda kenali dengan baik :

1.Faktor Keturunan

Faktor keturunan menjadi penyebab utama dari mata minus yang Anda derita. Mata minus terjadi ketika kelengkungan mata menjadi lebihj pendek dan sumbu bola mata menjadi lebih panjang. Walaupun faktor keturunan bukan faktor tunggal, akan tetapi karena potensinya cukup besar, upayakan dengan melakukan medical check up secara rutin.

2.Kebiasaan membaca buku dengan cara salah

Hal ini terjadi saat Anda membaca buku ditempat yang remang, kurang cahaya itu tak baik bagi kesehatan mata, terlebih membaca buku dengan posisi tidur juga akan membuat mata minus. Jadi, jika anda ingin terhindar dari gangguan mata minus, jangan baca buku dengan cara yang salah.

3.Stres mata

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat membuat mata menjadi stress, dan hal tersebut kemudian akan sebabkan mata mengalami gangguan mata minus. Hindari berbagai macam kegiatan yang dapat membuat mata anda stres.

4.Terlalu sering bekerja dengan komputer

Gangguan mata minus bisa terjadi karena gaya hidup seperti rutinitas pekerjaan yang tak lepas dari penggunaan perangkat komputer. Padahal yang harus Anda ketahui, layar monitor bisa membuat mata mudah lelah dan juga stress. Istirahatkan sejenak saat mata sudah merasa perih hal ini untuk mencegah munculnya gangguan mata minus.

5.Kurang Istirahat

Semua orang memerlukan waktu setidaknya 8 jam sehari untuk beristirahat, dari pukul 9 malam sampai terbangun pukul 5 pagi. Akan tetapi beberapa orang tampaknya tidak mendapatkan waktu istirahat 8 jam ini, padahal tercukupinya kebutuhan istirahat ini sangat baik bagi kesehatan. Dan mata minus menjadi salah satu dampak yang akan terjadi bila Anda tidak memenuhi kebutuhan istirahat.

6.Eksperesi muka

Banyak sekali ekspresi yang mampu ditunjukkan, mulai dari mengangkat alis sampai menyipitkan mata, mengerutkan dahi, tapi tahukah Anda bahwa semua hal yang dilakukan tersebut dapat memforsir kerja mata sehingga akibatkan mata mudah menjadi lelah dan stress yang selanjutnya membuat mata menjadi minus.

Banyak hal yang dapat menyebabkan mata menjadi minus dan sebenarnya dapat kita hindari bila kita memang peduli terhadap kesehatan mata yaitu dengan menjauhi hal pencetusnya. Tetapi, untuk penyebab mata minus akibat faktor keturunan ini hanya dapat dihindari dengan secara rutin menjalankan pemeriksaan mata sehingga bisa mengetahui kondisi terkini kesehatan pada mata Anda.

Postedby: AdeRismanNugraha

About Aderis Gifari Nugraha

View all posts by Aderis Gifari Nugraha →