7 Manfaat Tanaman Tapak Liman Untuk Kesehatan

7 Manfaat Tanaman Tapak Liman Untuk Kesehatan

Tanaman Tapak Liman merupakan jenis tanaman tropis yang berasal dari Amerika yang mempunyai nama latin Elephantopus Scaber L. Tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan termasuk jenis rumput-rumputan. Tanaman tapak liman ini sering kali dijadikan sebagai gulma di halaman pekarangan rumah atau pun kebun, karena tanaman ini cocok tumbuh di iklim Indonesia sehingga dapat tumbuh subur di tempat mana saja.

7 Manfaat Tanaman Tapak Liman Untuk Kesehatan

Tanaman tapak liman ini mempunyai deskripsi sebagai berikut:

  • Tumbuh dengan tegak dan lurus.
  • Bentuk daunnya bundar seperti telur, panjang dan berbulu dengan ukuran tangkainya yang pendek.
  • Termasuk daun rendahan sehingga dapat membentuk karangan sekitar akarnya, memiliki warna hijau tua.
  • Akarnya yang kuat serta memiliki bulu, juga ukurannya cukup besar.
  • Memiliki bunga yang berwarna ungu, dan merah.

Meskipun tapak liman ini termasuk tanaman liar yang dapat tumbuh dimana saja, namun tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang bagus yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Berbagai kandungan tersebut mulai dari bagian akar nya sampai daun nya, dan kandungan senyawa tersebut antara lain: Elephantopin, lupeol, epiprielinol, stigmasterin, isodeoxyyelephantopin, flavonoidaluteolin 7 glucosida, dan deoxyelephantopin yang dapat menjadikan tanaman ini sebagai obat tradisional.

Baca Juga : Manfaat Temu Hitam Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Efek morfologis dari tanaman tapak liman antara lain: sebagai penetral racun, penurun panas, anti radang, peluruh air seni, dan antibiotik. Tanaman ini juga memiliki rasa yang pedas, dan pahit serta menyejukan. Semua bagian dalam tanaman ini dapat kita jadikan sebagai bahan untuk obat tradisional.

Manfaat yang terdapat dalam tanaman tapak liman antara lain sebagai berikut:

  • Antiseptik.
  • Antiradang.
  • Obat gosok.
  • Menghilangkan bengkak.
  • Mengobati keputihan.
  • Dll.

Berikut ada manfaat lain dan cara penggunaan tanaman tapak liman sebagai obat tradisional:

1. Untuk obat biri-biri

Penyakit biri-biri merupakan suatu penyakit yang biasanya terjadi akibat kedinginan atau yang lainnya sehingga dapat mengakibatkan bagian tertentu pada organ tubuh terutama pada bagian kaki mengalami pembengkakan sehingga dapat menimbulkan efek sakit, dan pegal-pegal.

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena didalamnya mengandung senyawa yang dapat membantu menghilangkan bengkak.

Cara penggunaannya:

Cuci terlebih dahulu tanaman tapak liman 60 gram, kemudian potong-potong, campurkan dengan tahu dan air secukupnya saja. Setelah itu adonan dibuat seperti tim, konsumsi tim tersebut  secara rutin sampai penyakit biri-biri nya hilang dan sembuh.

2. Untuk obat anemia

Penyakit anemia atau kekukurangan sel darah dalam tubuh dapat diatasi dengan obat tradisional yaitu dengan tanaman tapak lima.

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena didalamnya mengandung berbagai kandungan mulai dari bagian akar nya sampai daun nya, dan kandungan senyawa tersebut antara lain: Elephantopin, lupeol, epiprielinol, stigmasterin, isodeoxyyelephantopin, flavonoidaluteolin 7 glucosida, dan deoxyelephantopin yang dapat menjadikan tanaman ini sebagai obat tradisional.

Cara penggunaannya:

Cuci tanaman tapak liman secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus, campur kan dengan tambahan air, kuning telur, dan madu secukupnya sambil diaduk. Setelah itu minum ramuan tersebut secara rutin 1 kali dalam sehari selama 1 minggu.

3. Untuk obat hepatitis

Penyakit hepatitis dapat menimbulkan efek yang berbahaya jika tidak segara diatasi, kita tidak perlu khawatir karena kita dapat mengobati nya dengan tanaman tapak liman.

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena didalamnya mengandung senyawa yang bagus dan bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Cara penggunaannya:

Cuci tanaman tapak liman secukupnya, kemudian rebus dengan air secukupnya, tunggu hingga mendidih, lalu angkat dan saring tunggu hingga air rebusan dingin. Setelah itu minum air ramuan tersebut secara rutin dan teratur agar sakit nya cepat hilang.

4. Untuk mengatasi perut kembung

Perut kembung diakibatkan oleh karena adanya gangguan bakteri pada sistem pencernaan, dan tanaman tapak liman adalah salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut.

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena didalamnya mengandung senyawa yang bagus dan bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Cara penggunaannya:

Cuci tanaman tapak liman sebanyak 50 gram, kemudian rebus dengan air sebanyak 4 gelas, tunggu hingga mendidih dan air rebusan tersisa 2 gelas, lalu minum air ramuan secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari dengan aturan minum 1 gelas.

5. Untuk obat radang

Sakit pada peradangan bisanya timbul karena adanya bakteri atau virus ke dalam tubuh karena keadaansistem imun tubuhnya sedang kurang baik.

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena di dalamnya mengandung senyawa yang bersifat antiradang.

Cara penggunaannya:

Keringkan beberapa tanaman tapak liman secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih, lalu angkat dan saring, minum jika air ramuan sudah dingin secara rutin dan teratur agar sakitnya cepat hilang.

6. Untuk obat sakit pada saat datang bulan

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena senyawa dari tanaman tapak liman dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat datang bulan.

Cara penggunaannya:

Potong tanaman tapak liman dan kunyit secukupnya, kemudian rebus dan campurkan dengan gula merah, asam, dan 5 gelas air putih, tunggu hingga mendidih, dan air rebusan tersisa menjadi 2 gelas, angkat saring, dan biarkan air rebusan dingin. Setelah itu minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari dengan aturan minum ½ gelas saja pada tiap minum.

7. Untuk obat influenza

Kita dapat mengkonsumsi tanaman tapak liman karena didalamnya mengandung senyawa yang bagus dan bisa digunakan untuk mengobati

Cara penggunaannya:

Rebus tanaman tapak liman yang sudah dikeringkan secukupnya saja, tunggu hingga mendidih, kemudian angkat saring dan dingin kan air rebusan. Setelah itu, minum air ramuan tersebut sebanyak 2 kali atau 3 kali secara rutin sampai penyakitnya sembuh.

Itulah beberapa informasi mengenai tanaman tapak liman, juga manfaatnya bagi kesehatan.

Sekian,  semoga bermanfaat

Sumber : http://www.aderismannugraha.com

About Aderis Gifari Nugraha

View all posts by Aderis Gifari Nugraha →