5 Faktor Penyebab Telatnya Datang Bulan

5 Faktor Penyebab Telatnya Datang Bulan

Datang bulan adalah proses peluruhan dinding rahim, datang bulan merupakan suatu hal yang rutin terjadi pada wanita setiap bulannya. Namun terkadang ada beberapa wanita yang sering mengalami telat datang bulan. Pada umumnya penyebab terlambatnya datang bulai pada setiap wanita tidaklah sama, Hal ini dikarenakan ada beberapa kemungkinan atau faktor penyebab termanbatnya sirklus menstruasi yang dialami oleh beberapa wanita.

5 Faktor Penyebab Telatnya Datang Bulan

Namun terkadang sebagian wanita sering mengambil kesimpulan terlalu dini dengan beranggapan bahwa ini terjadi akibat dari tanda kemahilan. Pasalnya telat datang bulan indentik dengan gejala kehamilan, memang telat haid atau datang bulan merupakan salah satu tanda atau gejala kehamilan. Namun biasanya tanda atau gejala kehamilan akan muncul dengan gejala yang lain seperti mual, muntah, pusing, dll.

Jika yang terjadi hanya telat datang bulan saja. Maka kecil kemungkinan jika anda beranggapan bahwa anda sedang hamil. Kemungkinan kondisi ini terjadi karena beberapa faktor. Pada konsidi normal, rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi atau datang bulan setiap 28 hari, dengan jarah berkisar 21 hingga 35 hari. Tanggal terjadinya menstruasi pada setiap bulan tidak selalu sama dan selalu bergeser beberapa hari. Tekecuali jika siklus mestruasinya berkisar 30 samai 31 hari. Faktor yang menyebabkan telat nya datang bulan atau mentrurasi disebabkan karena bberapa faktor.

5 Faktor Penyebab Telatnya Datang Bulan

Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan telatnya menstruasi diantaranya:

1.Faktor kelainan : Faktor ini terdiri dari 2 macam. Yaitu kelainan non-anatomi dan kelaina anatomi. Kelainan ini biasanya terjadi diakibatkan karena kondisi tertentu seperti contohnya pada kelainan anatomi yang disebabkan karena penyakit kista ovarium, myoma uteri dan juga disebabkan oleh kanker. Sedangkan kelainan non-anatomi disebabkan oleh gangguan hormonal dan penggunaan alat kontrasepsi yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah.

2.Faktor usia : Pada usia muda tubuh akan mengalami banyak perubahan. Termasuk perubahan hormon yang akan menyebabkan telatnya datang bulan. Hal ini juga akan terjadi pada usia 45-55 dimana pada usia ini seorang wanita akan menghadapi masa menopause yang terkadang menyebabkan seorang wanita sama sekali tidak mengalami datang bulan.

3.Faktor berat badan : Berat badan yang tidak ideal baik itu kelebihan atau kekurangan. Maka akan mengakibatkan terjadinya gangguan siklus menstruasi, berat tubuh yang tidak normal akan mengurangi fungsi organ tubuh sehingga metabolisme didalam tubuh tidak berjalan dengan maksimal.

*4.Faktor psikis atau stress : Faktor ini bisa menjadi hal yang paling utama yang dapat menyebabkan telatnya siklus datang bulan terjadi. Banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya perasaan tress contohnya seperti tekanan dilingkungan kerja, urusan rumah tangga, kelelahan, dsb.

5.Faktor PCO atau Polycystic ovary : Faktor ini terjadi ketika tubuh menghasilkan lebih banyak hormon pria Androgen-Testosteron dari pada menghasilkan hormon wanita yakni Estrogen dan Progesteron. Kondisi ini akan menyebabkan ovarium tidak mampu memproduksi sel telur yang sempurna sehingga tidak teradi ovulasi yang menyebabkan telat nya datang bulan.

Itulah beberapa faktor penyeba telatnya siklus menstruasi yang sering dialami oleh beberapa wanita. Untuk mengatasinya, biasakan menjalankan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat yang memenuhu gizi yang dibutuhan oleh tubuh, berolahraga dengan teratur, selalu berfikir positif dan menghindari stress berkepanjangan.

Post: AdeRismanNugraha

About Aderis Gifari Nugraha

View all posts by Aderis Gifari Nugraha →