Jenis Macam Macam Penyakit Pada Vagina

Jenis Macam Macam Penyakit Pada Vagina

Jenis Macam Macam Penyakit Pada Vagina,- Vagina merupakan suatu organ rumit yang dilapisi oleh lapisan sel skuamosa, yang terbentuk dari sel-sel epitel atau kulit. Dibalik sel-sel epitel tersebut terdapat dinding vagina, yang berisi jaringan ikat, jaringan otot, pembuluh getah bening dan saraf. Sejumlah perubahan kecil terhadap lingkungan vagina bisa memicu adanya perkembangan penyakit, dengan derajat keparahan yang berbeda-beda.

Macam-Macam Penyakit Pada Vagina

  1. Bartholinitis

Pernahkah kamu merasakan nyeri yang super hebat pada area kewanitaan? Jika iya, sebaiknya anda segera mengecek ke dokter. Bisa jadi anda terkena gejala umum Bartholinitis. Pada penyakit ini dapat ditimbulkan dari infeksi bakteri yang membuat kelenjar di bibir vagina sehingga bibir pada organ intim anda akan membengkak.

  1. Keputihan

Keputihan adalah salah satu penyakit vagina yang sering kali dialami oleh wanita kebanyakan. Pada penyakit ini sendiri ada yang normal dan ada juga yang sudah menjadi penyakit. Apabila normal, maka keputihan yang berupa lendir menjadi tidak gatal dan bau. Tetapi jika sudah mengalami keduanya maka dikatakan penyakit dan harus segera diobati.

  1. Herpes Genitalis

Pada penyakit ini biasanya terjadi setelah melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang berpenyakit demikian. Tidak hanya di vagina, penyakit yang diakibatkan oleh Herpes Virus Hominis juga bisa menyerang pada sekitar bokong dan paha. Dan apabila anda merasa gatal dan panas sepekan setelah melakukan hubungan intim, maka bisa jadi anda telah tertular Herpes Genitalis.

  1. Kandidiasis

Penyakit ini dapat terjadi pada kulit kelamin yang disebabkan oleh jamur. Gejalanya, ada bercak-bercak putih mulai dari vagina sampai ke leher rahim. Dan selain itu juga terdapat cairan yang berwarna putih kekuningan seperti pecahan susu.

  1. Kanker serviks

Kanker serviks adalah salah satu penyakit vagina yang sangat berbahaya dan bahkan bisa mematikan. Pada penyakit ini dapat diakibatkan oleh adanya virus Human Papilorma. Gejala umum yang dapat anda ketahui yaitu pendarahan sesudah haid dan hubungan intim. Setelah itu akan timbul benjolan yang tidak rata di bagian kelamin anda.

  1. Servisitis kronika

Baca juga artikel lainnya : Masalah Saat Haid yang Perlu Diwaspadai Wanita

Ini juga penyakit kelamin yang ditakuti oleh semua wanita. Penyakit ini dapat menyebabkan radang selaput lendir pada alat vital. Apabila dibiarkan begitu saja maka akan ada pergeseran pada salah satu selaput lendir yang sangat berbahaya. Gejala yang dapat terlihat dari penyakit ini yaitu timbulnya bintik-bintik putih yang bersamaan dengan selaput lendir yang berwarna merah akibat adanya infeksi.

  1. Salpingitis

Salpingitis adalah infeksi radang pada saluran rahim. Apabila dibiarkan akan membuat kesuburan rahim berkurang dan kerusakan permanen pada tuba falopi.

  1. Ulkus mole

Pada penyakit ini sama akutnya dengan kanker serviks. Dan bisa diakibatkan oleh bakteri. Tanda yang paling sering terlihat yaitu ada benjolan pada alat genital wanita.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah salah satu penyakit seksual menular yang sering kali terjadi pada seorang wanita dengan bergonta ganti pasangan. Pada penyakit ini dapat ditularkan melalui virus yang masuk ke vagina. Dia bisa bertahan hidup pada benda-benda seperti pakaian. Bisa juga menular apabila anda meminjam pakaian orang yang terkena penyakit ini.

Sumber : http://www.aderismannugraha.com