Khasiat Jambu Batu Untuk Diare

Khasiat Jambu Batu Untuk Diare

Jambu biji merupakan salah satu buah yang tumbuh di wilayah yang beriklim aub tropis dan tropis. Salah satunya adalah Indonesia yang beriklim tropis sehingga buah ini banyak tersebar di berbagai daerah dari kota sampai ke pelosok desa yang berada di pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke.

Khasiat Jambu Batu Untuk Diare

Walaupun demikian buah ini dipercaya berasal dari Benua Amerika Bagian Tengah – Amerika Bagian Selatan sebelah utara. Dan Negara “Sombrero” Meksiko.

Dalam kamus latin buah ini disebut dengan guava. Setelah mengetahui manfaatnya yang sangat banyak dan hebat. Negara Indonesia dan negara yang lainnya membudidayakan secara masal. Jambu biji ini berserat dan mengandung vitamin C yang sangat tinggi, sedikit kadar folat, dan zat yang lainnya yang berfungsi layaknya antioksidan. Bahkan, kandungan vitamin C dalam sebuah jambu biji sama dengan empat buah jeruk maka dari itu jambu biji kaya akan khasiat dan manfaatnya.

Antioksidan

Antioksidan ini sangat bermanfaat bagi seseorang yang terkena penyakit kanker dan yang mempunyai gangguan pada pembuluh darah (aterosklerosis) dan penyakit yang lainnya, antioksidan ini sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh karena bisa melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat-zat yang berbahaya yang disebut dengan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh dan penyebab utama dari segala penyakit terutama kanker. Ternyata daun buah jambu biji ini mengandung antioksidan, selain itu juga bisa mengobati penyakit diare dengan cara memakan daun mudanya atau di rebus dan meminum air hasil dari rebusan daun muda tersebut.

Fitonutrien

Fitonutrien yang terkandung didalam buah yang berwarna merah seperti jambu biji – semangka dan tomat dapat mengandung bahan kimia yang alami, yang berfungsi untuk memelihara kesehatan pada mata dan prostat.

Vitamin A

Vitamin A juga dapat mencegah adanya masalah pada mata, mencegah perkembangbiakan sel-sel. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat kulit agar tetap sehat. Jambu biji ini kaya akan vitamin A (karotenoid) yang juga bisa berfungsi untuk mencegah penyakit jantung. Dan vitamin A ini juga terdapat pada buah yang berwarna cerah lainnya seperti tomat, jeruk, dan buah mangga.

Vitamin C

Vitamin C ini yang paling banyak dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki banyak fungsi yaitu untuk kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, vitamin C sangat membantu dalam pengobatan luka dan kemampuan otak, serta penyerapan zat besi. Zat kolagen dibentuk oleh vitamin C, zat tersebut sangat berguna untuk menopang jaringan kulit agar tidak lekas keriput.

Menurunkan tekanan darah dan kolestrol

Pada jaman serba instan ini kita rentan terkena tekanan darah tinggi dan tinggi kolesterol yang tidak baik buat tubuh. Menurut penelitian jambu biji bisa menstabilkan tekanan darah dan mengurangi kolestrol jahat. Manfaat dari jambu biji ini berkat adanya kandungan kalium dan serat.

Mencegah diabetes

Buah jambu biji ini diduga bisa melindungi organ pada ginjal dari perkembangan diabetes yang secara signifikan bisa meredakan gejala penyakit diabetes, dan juga dapat mencegah kerusakan akibat proses peradangan pada penderita diabetes.

Demam berdarah

Virus dengue penyebab terjadinya penyakit demam berdarah yang dapat membuat kandungan trombosit di dalam sel darah rendah, kandungan jambu biji juga bisa menghambat perkembangan virus dengue dan tidak diragukan lagi khasiat dan manfaat jambu biji ini sangat banyak dan menyehatkan.

Khasiat Jambu Batu Untuk Diare

Bukan hanya buah jambu biji saja yang mempunyai limpahan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta merawat kecantikan pada kulit. Daun jambu biji juga kaya akan manfaat. Manfaat daun jambu biji ini telah diketahui kebenarannya sejak zaman nenek moyang kita masih hidup dan berkuasa, mereka memanfaatkan daun jambu biji sebagai salah satu tanaman obat herbal yang diyakini bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Adanya pengaruh dari kebudayaan yang masih melekat sampai sekarang dan didukung dengan kehormatan yang tinggi akan nilai-nilai leluhur yang mendorong beberapa orang agar tetap mempertahankan penginggalan leluhur ini dengan cara melestarikannya, termasuk juga dengan membudidayakan pohon jambu biji untuk dimanfaatkan buah dan daunnya.

Pohon yang terdapat pada daun jambu biji ini bisa ditemukan dimana saja karena banyak yang membudidayakannya, baik itu sengaja ditanam oleh pemilik kebun maupun tumbuh dengan sendirinya.

Karena termasuk ke dalam kategori tumbuhan yang mudah untuk ditanam dan ditemukan keberadaannya. Maka akan sayang sekali apabila Anda tidak mengambil khasiat daun jambu biji ini untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat alami dari daun jambu biji yang harus Anda ketahui dan patut untuk dipahami:

Mampu untuk mengobati diare – Fakta yang pertama mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Bahwa daun jambu biji ini sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit diare, kalau Anda tidak percaya bisa melihatnya sendiri komposisi bahan yang terdapat dari kemasan obat diare yang sebagian besar menggunakan daun jambu biji.

Khasiat Jambu Batu Untuk Diare

Supaya dapat dimanfaatkan daun jambu biji ini sebagai salah satu obat alami untuk penyembuhan penyakit diare dapat dilakukan dengan cara menumbuk beberapa lembar daun jambu biji kemudian sesekali diberi sedikit air yang sudah matang. Peras tumbukan daun jambu biji, lalu sisihkan sari nya. Setelah itu minumlah air daun jambu biji ini setiap hari sebanyak 2 kali sampai diare Anda sembuh.

Mampu untuk mengatasi sakit maag

Bagi Anda yang memiliki penyakit maag bisa mencoba untuk membuat ramuan obat dari daun jambu biji. Caranya gampang berbeda dengan cara yang sebelumnya. Pertama siapkan beberapa lembar daun jambu biji yang segar, kemudian rebus sampai tersisa setengah airnya lalu minum ramuan obat itu sebanyak 3 kali setiap hari. Cara ini akan jauh lebih baik dan sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan. Kandungan yang terdapat pada daun jambu biji secara alami bisa membantu mengatasi sakit maag yang selama ini menyiksa Anda.

Mampu untuk mengobati luka

Kandungan astringent dalam daun jambu biji sangat diyakini dapat membantu tubuh untuk menyembuhkan luka lebih cepat. Apalagi untuk mengobati luka yang berdarah karena terjatuh atau teriris pisau sangat efektif dengan menggunakan daun jambu biji cukup dengan menghaluskan beberapa lembar saja dari daun jambu biji ini lalu meletakannya diatas luka kemudian rekatkan dengan tali atau kain. Dengan cara ini sangat sering digunakan oleh para pecinta alam.

Mengatasi keputihan

Semua wanita akan berisiko sangat tinggi mengalami keputihan. Pada awalnya keputihan adalah penyakit yang tidak berbahaya tetapi lama kelamaan dapat membahayakan tubuh, apalagi bila keputihan yang terjadi adalah gejala kanker pada organ reproduksi. Atasi segera keputihan ini dengan menggunakan air rebusan daun jambu biji yang mana dapat dipakai untuk membersihkan organ pada reproduksi.

Mengobati ambeien

Pada penyakit ambeien ini tentunya akan sangat mengganggu jalannya aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. Terlebih apabila Anda harus duduk selama lebih dari 5 jam dalam setiap harinya. Maka segera Anda obati penyakit ambeien ini dengan cara yang alami dan efektif dengan menumbuk daun jambu biji yang masih muda bersama dengan pisang batu. Kemudian konsumsi air perasan dari kedua bahan alami tersebut sampai ambeien Anda sembuh kembali.

Manfaat dari daun jambu biji ini untuk kesehatan tubuh yang pada hakikatnya telah lama dilakukan bahkan sebelum Anda dilahirkan. Bagi Anda yang mempunyai pohon jambu biji harus memanfaatkannya dengan baik, entah itu daun ataupun buahnya.

About Aderis Gifari Nugraha

View all posts by Aderis Gifari Nugraha →