Masalah Saat Haid yang Perlu Diwaspadai Wanita

Masalah Saat Haid yang Perlu Diwaspadai Wanita

Masalah Saat Haid yang Perlu Diwaspadai Wanita – Tidak sedikit wanita merasakan nyeri perut saat haid. Mereka pun menganggap hal tersebut adalah wajar dan normal sehingga kerap diabaikan.

Masalah Saat Haid yang Perlu Diwaspadai Wanita

Tetapi, ada beberapa tanda dan gejala saat haid yang sebetulnya menunjukkan hal yang serius dan jika terjadi Anda harus segera menemui dokter. Apa saja itu?

1. Berdarah terlalu banyak

Bila darah haid keluar terlalu banyak dan Anda mengganti pembalut setiap 1 jam, ada baiknya segera pergi menemui dokter. Kondisi tersebut sangat memungkinkan Anda untuk kehilangan banyak darah yang mampu sebabkan pusing, kelelahan bahkan kehilangan kesadaran atau pingsan.

2. Nyeri haid tak dapat diobati

Obat pereda nyeri tak bisa meredakan nyeri atau kram pada perut ketika haid. Penyebab paling umum dari kram saat haid yaitu bahan kimia prostaglandin. Biasanya bahan ini ada pada obat anti-peradangan non-steroid yang menghambat produksi darah berlebih.

Jadi, bila obat pereda nyeri tak bisa menahan rasa nyerinya, bisa jadi Anda mengalami endometriosis. Keadaan ini memungkinkan Anda untuk melakukan perawatan lebih lanjut seperti obat/operasi.

Baca Juga:  Obat Herbal Epilepsi Dari Kulit Manggis

3. Demam

Bila Anda mengalami demam ketika haid tiba, ada baiknya Anda segera pergi ke dokter. Keadaan seperti ini biasanya bukan disebabkan infeksi bakteri akibat terlalu lama memakai pembalut tanpa menggantinya. Tapi biasanya, ini karena radang panggul yang kambuh ketika haid tiba.

4. Berdarah setelah haid berhenti

Darah yang keluar dari vagina sesaat setelah haid berhenti biasanya wajar bila Anda baru memakai pil KB. Akan tetapi, bila tidak memakai KB Anda masih mendapatkan bercak darah haid, boleh jadi hal tersebut akibat dari polip di dinding rahim atau pertumbuhan yang berlebihan dari dinding rahim.

Perdarahan setelah berhubungan seks juga dapat menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan. Sebab, ini menunjukkan kelainan seperti sel displasia abnormal di dinding rahim yang bisa berkembang menjadi kanker serviks bila tidak segera diobati.

5. Haid tak teratur

Bila haid tak datang teratur setiap bulannya, bisa jadi karena Anda sedang dalam kondisi hamil. Akan tetapi, bila Anda melewati siklus haid beberapa kali, ada baiknya segera periksakan pada dokter untuk mengecek hormon Anda.

Cobalah untuk memerhatikan, apakah payudara Anda mengeluarkan cairan seperti susu, bisa jadi hal tersebut akibat kelebihan hormon prolaktin. Perhatikan juga pertumbuhan rambut yang bisa dikaitkan dengan sindrom ovarium polikistik.

Nah, itulah informasi mengenai Masalah Saat Haid yang Perlu Diwaspadai Wanita. Setelah mengetahui hal tersebut ada baiknya untuk lebih berhati-hati, segera temui dokter jika Anda mengalami tanda atau gejala di atas guna memastikan kondisi kesehatan Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Sumber: AdeRismanNugraha

About Aderis Gifari Nugraha

View all posts by Aderis Gifari Nugraha →